Amalan Untuk Menjaga Daya Ingat Kita

Siapa orang di dunia ini yang mau cepat Pikun atau Pelupa? Tentu saja banyak yang tidak mau seperti itu. Memang pada dasarnya setiap orang memiliki daya ingat dan daya pikir yang tak sama (ada yang cepat/lambat), namun hal itu bisa dihindari.
Ada beberapa metode khusus yang dapat kita amalkan, diantaranya:
1. Mencari Pengalaman
Sesuai pepatah mengatakan: "Pengalaman adalah guru yang paling berharga". Kita harus berani menghadapi tantangan, karena dari tantangan itu kita akan bisa merasakan. Karena kita sudah merasakan, maka itulah pengalaman. Dan dari pengalaman kita pun dapat pelajaran.
2. Banyak Membaca
Sesuai firman Allah SWT dalam Alqur'an Surat Al Alaq ayat 1-5 kita diperintahkan untuk membaca. Namun sangat disayangkan, mengapa banyak kaum muslim yang tidak mengamalkannya. Sebaliknya orang muslim yang banyak mengamalkannya, contohnya: Orang Jepang. Ada pepatah mengatakan: "Dengan Membaca Cakrawala Ilmu akan Terbuka". Untuk itulah saudara mari kita tingkatkan lagi budaya Membaca.
3. Mencatat/Menyalin
Mencatat ataupun menyalin juga jalan yang cepat sekali membuat orang yang pelupa menjadi gampang mengingat. Kita lihat saja para pembajak/hacker, apa mereka dapat dikatakan pintar? Betul mereka memang pintar, tapi pintar memintari. Perlu diingat bukan berarti saya mengajarkan kejelekan, melainkan supaya kita bisa belajar dari kejelekan itu untuk kita jadikan kebaikan. Misalnya: Menyalin puisi orang lain untuk kita jadikan patokan, Menyalin artikel/pendapat orang lain untuk kita sampaikan, dll.
Dari tiga hal di atas itulah yang Insya Allah bisa kita amalkan. Semoga apa yang saya sampaikan bermanfaat bagi kita semua. Mohon maaf apabila ada hal yang kurang berkenan di hati anda.
Sekian dan Terima Kasih

Bagikan ke Facebook Bagikan ke Twitter

Komentar

2 tanggapan untuk "Amalan Untuk Menjaga Daya Ingat Kita"

Wapmaster Ro-nald.com pada 20:03, 28-Mei-11

ku salut ma km, baik fb maupun blog penuh dengan Ayat Qur'an

Ali Zainal Abidin Aljufri (Azaa) pada 20:52, 28-Mei-11

Terima kasih Abang! Sy jg salut dgn Abang. Sy bnyk bljr blog d mywapblog jg dr blognya Abang smile

Langganan komentar: [RSS] [Atom]

Komentar Baru

[Masuk]
Nama:

Email:

Komentar:
(Beberapa Tag BBCode diperbolehkan)

Kode Keamanan:
Aktifkan Gambar